Mar 16, 2013

Wejangan Dari Bang Bernard [@benzbara_]


http://www.emocutez.comHeey guys! kali ini gue mau posting wejangan-wejangan dari bang Bernard Batubara [@benzbara_] itu loh penulis novel Kata Hati yang udah diangkat ke layar lebar sama Radio galau fm, lumayan banget nih ilmunya buat ‘nyuntik’ kita biar semangat dalam menulis, gue nyuri ilmu ini dari twitternya, hhehe penasaran kan apa aja wejangannya? Yuk deh capcuus!


http://www.emocutez.comMenulis itu sama kayak hal lain di dunia ini. kalau mau berhasil, ya KOMITMEN dan TOTALITAS. Mau nulis tapi excuse-nya banyak banget. ini lah, itu lah.. ya jangan heran kalau nggak pernah rampung tulisannya. 

http://www.emocutez.comSaya suka emosi sendiri kalau ketemu orang yang pengen nulis tapi nggak totalitas dan kayak nggak niat nulisnya.

Saya sudah bilang, menulis itu keterampilan, bukan bakat. orang gak bakat nulis bisa jadi penulis bagus kalau dia berlatih, Literatur untuk menulis? saya jarang baca buku-buku "how to". lebih sering baca novel/kumcer lain untuk input/referensi.

Biasa nulis cerpen tapi ingin coba nulis panjang? belajar mengembangkan konflik Jangan berharap tulisan kamu bagus hanya dalam sekali percobaan. sinting itu namanya. Menulis itu keterampilan. seseorang menjadi terampil karena dia RAJIN BERLATIH. mau terampil nulis? ya banyak-banyak nulis!

Selain Wejangan diatas Bang Bara juga ngasih beberapa tips nih guys biar tulisan kita diterima sama penerbit, nih simak baik-baik yaah . . .
Tips supaya penerbit nerima naskah kita: sesuaikan genre. ikuti format pengiriman. tulis yang bagus. Berdoa.

-Pada tahap pertama, TULISAN YANG BAIK = TULISAN YANG SELESAI.

-Ya apa yg mau direvisi, apa yg mau diperbaiki, apa yg mau dipoles, kalau tulisannya aja gak selesai (bahkan gak ada)".

-Menulis itu tidak selesai pada saat naskah selesai ditulis. ada tahap berikutnya: revisi. tapi sebelum revisi, SELESAI dulu.

-"Mau nulis, berasa gak sreg, akhirnya hapus lagi." -- JANGAN NULIS SAMBIL NGEDIT. di tahap pertama, tulis aja dulu sampai selesai.

-Sebenarnya, hal terpenting saat menulis itu adalah: SELESAI. selesai aja dulu, baru mikirin yg lain-lain (editing/revising)

-"Mau nulis, gak tau harus mulai dari mana." -- mulai dari mana aja yang lagi kepikiran di kepala kamu.

-Outline itu kerangka tulisan. poin-poin adegan yang akan ditulis nantinya.

-Menulis itu butuh komitmen. nggak punya dan nggak bisa komitmen? ya jangan ngomel sendiri kalau tulisannya gak beres-beres.

-"Dapet ide, eh pas ngadep laptop udah ilang." -- makanya JANGAN MALAS MENCATAT. zaman udah modern, manfaatkan notes di hp.

Di tengah-tengah kul twitnya ada followers  yang nanya gini guys ke bang Bara
Kalo mau nulis tapi fasilitas gak ada gimana bang?”
Dan taukah apa jawaban si Bang Bara? Ini jawabannya 


http://www.emocutez.comhttp://www.emocutez.com“pulpen sama kertas gak bisa beli? gak punya temen buat minjem?” Nanceep banget sampe ke ulu ati!.


http://www.emocutez.comKita ibaratin kalo nulis itu kaya orang pacaran guys, nah dalam pacaran harus ada komitmennya kan?, Kalo gak setia entar ujung-ujungnya selingkuh, nah nulis juga kaya gitu guys, kalo ditengah jalan kita tiba-tiba ‘ganjen’ ngelirik ide lain, wah udah deh gak bakal selesai deh tuh tulisan, jadi bercabang kemana-mana.


http://www.emocutez.com"Lagi nulis, eh dapet ide lain.." -- JANGAN LENJE lari ke ide lain, sebelum yang on progress diberesin. beresin dulu satu! Lagi nulis, mentok di tengah jalan." -- sebelum nulis udah bikin outline belum? kalau sudah, mestinya nggak bakal mentok.

Kadang pacaran yang udah lama, timbul bosen, gimana caranya biar gak bosen? Ya itu pentingnya planning, yang dalam penulisan kita sebut outline [kerangka tulisan] biar gak stuck disitu-situ aja?.

http://www.emocutez.com"Mau nulis, tapi kebanyakan ide, bingung." -- ambil satu yang paling bikin kamu tertarik, and STICK TO IT. fokus!

Kebanyakan dari orang yang pengen nulis tapi gak jadi-jadi juga itu karena mereka hanya MENTOK DI "PENGEN".

"Mau nulis, tapi sibuk." -- sibuk BUKAN ALASAN. kalau kamu mau nulis, kamu akan MENYEDIAKAN WAKTU untuk itu!

"Mau nulis tapi gak ada mood." -- mood itu cuma PEMBENARAN UNTUK ORANG-ORANG YANG MALAS. nunggu mood=tulisan gak selesai-selesai.

"Mau nulis, inspirasinya susah." -- INSPIRASI ITU DI MANA-MANA. kamu cuma terlalu MALAS buat memperhatikan dan merenung.

Jadi gitu ya kira-kira, sekilas tentang menulis dan mendapatkan duit dari menulis. ciao!

Kalau tulisan saya nggak laku dijual dan nggak bisa dapat duit dari nulis lagi, ya saya cari kerjaan lain. tapi nulisnya lanjut terus.

Buat Bang Bara, "menulis lebih dari profesi/hobi. menulis udah jadi habit. perkara tulisan saya jadi duit, syukur. gak? tetap nulis." gitu katanya.
Dan lagi bang Bara disodorin pertnyaan dari followersnya “intinya nulis itu buat nyalurin hobi dan minat?”

For me, writing is far beyond those reasons. Menulis itu nggak ngantor, nggak jadi karyawan tetap, means = gajinya nggak tetap. sama aja kan kayak freelancer. Menulis (dalam konteks untuk menghasilkan duit) itu kan sebenernya sama aja dengan freelance. so, prinsip2 freelance berlaku.Kenapa nggak? karena bagi saya, dari awal, menulis bukan diperuntukkan jadi sumber penghasilan tetap.

Bisa dapat duit dari nulis. hidup dari nulis juga. menggantungkan hidup dengan nulis? bisa. saya? memilih nggak. Mau dapet duit dari nulis, tapi ditolak tulisannya trus langsung drop? yaudah berhenti ngobrol aja kita, where's the spirit?
Nulis copy, ini yang juga populer. jadi copywriter. entah itu freelance ataupun ngantor. ini kan juga nulis namanya. Gimana cara jualan tulisan skenario film? cari kontak ph/sutradara. tulis sinopsis (ftv/film layar lebar), kirim.

Dan ingat yang tadi saya bilang di awal, nulis nggak cuma nulis cerpen/novel. bisa juga jualan tulisan skenario film, copy, dan lain-lain.
Intinya, kalau mau hidup dari menulis, banyak faktor lain yg harus diperhatikan dan dipelajari selain menulis itu sendiri.

Namanya udah berkaitan sama pasar. nggak bisa egois dan idealis. harus menyesuaikan diri dengan keinginan pasar.Sesuaikan naskah kamu dengan publisher yang kamu incar. harus sesuai. yamasa naskah horor dimasukin ke publisher romance.

Riset, cari tau, buku-buku yang lagi laku sekarang buku apa. fiksi/nonfiksi? fiksi apa, teen, young-adult? dst.Selain mikirin cara ngejual tulisan, sebelum nulis juga harus mikir ini tulisan mau dijual ke mana. target pasar/pembacanya.

http://www.emocutez.comKalo mau hidup dari nulis, jangan berhenti hanya di selesai menulis. tapi harus mikirin juga gimana ngejual tulisannya. Gimana caranya hidup dari nulis? well, kita akan bicara tentang berjualan di sini. iya dong? namanya juga ngomongin duit.

http://www.emocutez.comSebelum bicara lebih jauh, tolong disimpan dulu dalam pikiran: nulis nggak cuma nulis buku. ada banyak: artikel, skrip, dll. Pada sebuah talkshow, saya sempat ditanya oleh seorang pembaca: "bisa nggak hidup dari nulis?" saya jawab: bisa.

http://www.emocutez.com
Dapat duit dan hidup dari menulis? why not? Yang ngerasa salah jurusan, nggak masalah. nikmatin dan selesaikan aja dulu. pasti tetap ngasih manfaat kok.


Kuliah saya IT. passion: nulis. sekarang kerjaannya cuma nulis, dan bahagia banget bisa menghidupi diri sendiri dari nulis.Kebanyakan mahasiswa kuliah cuma buat formalitas. abis dapet ijazah, kerjanya ya ke mana-mana ke bidang yg laen.
Yang paling ideal (kalau bisa) kuliah di jurusan sesuai passion, lulus dari situ kerja di bidang sesuai passion dan sukses.

Yang paling enak sih, kerja atau dapat duit di bidang yang sama dengan passion kita. wuih itu nikmat banget! Kuliahnya di bidang apa, belum tentu suksesnya juga di bidang itu. Dan nggak selalu kita nantinya kerja di bidang yang sama dengan latar belakang akademis kita. and that's okay.

Ada yang passionnya ke seni, kuliahnya IT, ekonomi, atau kedokteran. entah keinginan sendiri/ortu, macam-macam sebab.
Sebab nggak selamanya kita sekolah/kuliah di bidang yang sesuai passion kita. dan seringnya ini telat disadari.

Menulis itu keterampilan. yang namanya keterampilan itu bisa dilatih. mau kuliah jurusan apa aja, bisa jadi penulis.

http://www.emocutez.comNggak harus kuliah di sastra untuk bisa nulis. nggak harus kuliah di IT untuk jago ngoprek komputer. itu keterampilan. 


Nah gimana guys setelah dapet cambukan nasehat dari Bang Bara? Semoga setelah ini jadi makin latihan nulis yaah, *notifed to myself* hhehe

Yah intinya sih, buat gue pribadi kalo kita ngelakuin sesuatu harus ada komitmen sama totalitasnya, jangan labil, biar tulisan cepet selesai.
Semoga ilmu yang kita dapet dari Bang Bara bisa bermanfaat ya guys,

Makasih yang udah mampir,
Jangan lupa kasih komen sama reaksinya yaah

http://www.emocutez.com
Big thx ya Guys

4 comments:

  1. anjrit keren tuh yang kuliah salah jurusan tapi passion nya nulis, gue juga ngerasa salah jurusan, awalnya bingung mau sastra apa manajemen, ngikutin saran ortu manajemen, tapi makin lama bingung sama itung-itungan nya, tapi gue gak nyesel, gue tetep konsisten nulis dan lanjut kuliah, meski kuliahnya ngerasa salah jurusan, dan kerjaan gue gak sesuai sama passion gue. tapi yang namanya passion itu bikin gue bahagia, jadi gue tetep nulis justru hal-hal yang salah itu semua bisa jadi tulisan, maaf komen nya panjang, kebiasaan nulis, btw makasih tulisan nya, menginspirasi gue untuk lebih lebih dan lebih lagi berkarya dalam menulis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hastagaaah ternyata Yoga pernah nyasar ke postingan ini dua tahun lalu ○( ^皿^)っ
      Semoga bermanfaat ya Yooog hehehe
      Iya gapapa gue tau kok elu emamg doyannya sama yang panjang-panjang hhehe

      Delete
  2. mbak vira emang bisa membuat saya klimaks #[semangatnya]
    lagi lagi ini sangat membantu untuk blogger amateur seperti saya mbak. .
    semoga mbak diberikan pahala yang setimpal karena memberikan pencerahan yang terang ini.
    makasi mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga bisa bermanfaat untuk semua yang telah nyasar kesini hehehe

      Terimakasih ya udah nyempetin baca :)
      Terimakasih atas doanya (=^ω^=)
      Aamiin semoga bermanfaat yah

      Delete

Naek ke Genteng pake baju batik

batiknya dibeli di pulo gedong

Abang Ganteng dan Mpok yang cantik

kalo udah baca jangan lupa kasih KOMEN doonk